PERBEDAAN KUNYIT PUTIH LENGKUAS JAHE KENCUR

PERBEDAAN KUNYIT PUTIH LENGKUAS JAHE KENCUR

SYAHFRIZAL BLOGSPOT
PERBEDAAN KUNYIT PUTIH LENGKUAS JAHE KENCUR










    Selamat sore semuanya , disini saya syahfrizal aji selaku penulis artikel dalam blogspot ini akan menjelaskan tentang perbedaan yang ada pada rempah-rempah tanaman obat maupun cara membedakan antara apa itu kunyit  , kunyit putih , jahe , lengkuas , kunci pepet , dan temulawak.

   Pada saat ini dalam kemajuan jaman di zaman modern , sudah mulai banyak orang-orang yang berminat untuk mencari obat yang alami maupun mencoba cara dengan mengkonsumsi obat-obatan dari alam yang tanpa ada campuran dari bahan kimia. Mengapa kok seperti itu ? Mungkin beberapa penjelasan yang saya tuliskan ini masuk akal , diantaranya :
  1. Karena harganya yang murah dan terjangkau.
  2. Memiliki khasiat yang ampuh dari obat-obat buatan pabrik.
  3. Memiliki kesan yang lebih alami.
  4. Mudah di dapatkan di pasar tradisional maupun di alam.
  5. Tidak terlalu memiliki efek samping yang berlebihan.
   Dan mungkin penjelasan-penjelasan diatas mewakili beberapa alasan mengapa semua orang mulai saat ini gencar untuk mengkonsumsi rempah-rempah tersebut sebagai obat-obatan. Serta dalam hal ketika membeli maupun ketika mau mengkonsumsi rempah-rempah tersebut jangan sampai salah memilih supaya cocok dan dapat mengobati gejala penyakit yang sedang anda alami.
   Untuk orang awam seperti orang yang hidup di kota pasti ketika mengetahui rempah sejenis kunyit , lengkuas , jahe , kunci pepet , temulawak sekilas sama dan kebanyakan untuk orang awam sering menyebut bahwa itu adalah kunyit / jahe namun yang sebenarnya bahwa itu adalah lengkuas dan bisa jadi bahwa itu kunci pepet. Nah disini akan saya jelaskan sedikit perbedaannya supaya para pembaca blog saya ini tahu dan bisa membedakannya.


SYAHFRIZAL BLOGSPOT
KUNYIT / KUNIR KUNING
SYAHFRIZAL BLOGSPOT
KUNYIT PUTIH



1.Kunyit
    Untuk yang pertama  dari rempah-rempah yang saya jelaskan disini adalah kunyit atau bahasa lainnya adalah kunir. Kunyit / kunir ini sendiri juga terdiri dari dua jenis yakni kunyit / kunir yang berwarna kunir / orange dan kunyit putih / kunir putih yang berwarna putih. Perbedaan dari kedua jenis kunyit ini dapat dilihat dari warna daging dalam rempah-rempah tersebut. Untuk aroma dari kedua kunyit ini sama-sama segar mendekati aroma air. Dan untuk mengetes aroma dari aroma kunyit ini bisa anda coba sendiri nanti di rumah. Untuk rasa kunyit yang berwarna kuning / orange sendiri agak tawar sedangkan yang kunyit putih saya himbau jangan sekali-sekali mencoba untuk mencicipi secara langsung tanpa ada campuran lainnya karena rasanya sangat pahit dan lama membekas di lidah serasa tidak mau hilang.


SYAHFRIZAL BLOGSPOT
LENGKUAS / LAOS



2.Lengkuas
        Yang kedua adalah lengkuas atau dalam bahasa jawanya adalah Laos. Laos / lengkuas ini biasa digunakan sebagai rempah-rempah tambahan dalam membuat sayur supaya lebih terasa pedas. Untuk ciri-ciri fisik dari lengkuas ini terlihat ketika ditumbuk banyak terdapat serat dan agak keras. Untuk aroma sendiri lebih menonjol ke aroma pedas dan rasanya pun juga sama. Namun lengkuas ini tidak bisa menghangatkan tubuh apabila dikonsumsi maupun diseduh dengan teh / kopi. Untuk warna dagingnya pun berwarna putih kekuning-kuningan namun condong ke warna putih.

SYAHFRIZAL BLOGSPOT
JAHE



3.Jahe
     Dan untuk yang ketiga akan saya jelaskan tentang ciri-ciri dari jahe. Jahe sendiri mungkin sudah banyak yang tahu karena sudah banyak iklan di TV tentang produk minuman jahe , apabila anda tinggal didaerah Jogjakarta maupun di daerah Madiun-Magetan bisa anda jumpai di Angkringan , atau dilingkungan sekitar bisa anda jumpai pada warung kopi atau toko-toko kelontong yang menjual bumbu rempah. Dan supaya lebih jeli dan dan tidak salah memilih serta tidak mudah tertipu , ciri-ciri dari dari bisa anda cium aromanya terasa segar dan pedas bercampur menjadi satu. Apabila dicicipi rasanya akan terasa pedas-pedas hangat.


SYAHFRIZAL BLOGSPOT
KUNCI PEPET



4.Kunci Pepet
     Kunci pepet ini dilihat dari bentuk fisiknya hampir mirip dengan lengkuas akan tetapi ukurannya lebih kecil. Untuk aroma kunci pepet ini sendiri memiliki aroma yang harum dari rempah bumbu lainnya dan biasanya kunci pepet ini biasa dikonsumsi oleh kaum hawa karena khasiat dari knci pepet yang sangat mujarab untuk kewanitaan. Untuk rasanya sedikit pahit namun condong ke rasa segar. Untuk warna daging dari kunci pepet ini berwarna putih kekuningan namun condong kewarna putih.


SYAHFRIZAL BLOGSPOT
KENCUR



5.Kencur
     Untuk para pembaca blogger ini pasti pernah mendengar sekilas tentang nama kencur ini. Ya benar , biasanya diucapkan dengan kata "bocah bau kencur" dan saya sendiri sampai saat ini belum paham dari arti kata tersebut. Dilihat dari ciri fisik kencur ini bisa dilihat jelas karena bentuknya yang unik berbentuk bola-bola lonjong kecil dan menggerombol seperti bentuk kacang tanah yang baru dicabut dari tanah. Untuk warna daging kencur ini cenderung ke putih bening dan rasanya pun segar. Untuk mengetahui rasa dari kencur ini bisa kalian jumpai pada minuman jamu tradisional maupun jamu gendong jawa dengan nama jamu beras kencur.
  
   Sekian penjelasan dari saya dan semoga bermanfaat untuk para pembaca blogspot saya ini.

#SYAHFRIZAL_AJI

Comments

Popular Posts