11 MANFAAT JAHE YANG JARANG DIKETAHUI

11 MANFAAT JAHE YANG JARANG DIKETAHUI


11 Manfaat Jahe
11 Manfaat Jahe




Manfaat jahe

    Jahe yang merupakan rempah pilihan para ibu-ibu rumah tangga untuk dijadikan bumbu masak serta juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya yakni memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari maupun dingin pada cuaca ekstrim .
    Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu rempah berbentuk rimpang atau akar berisi yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia dengan berbagai varietas jenis seperti:
  • Jahe Gajah: Dinamakan jahe gajah karena bentuk rimpang yang besar / jumbo namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain. Daging pada jahe ini berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah atau jahe badan merupakan jenis jahe yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.
  • Jahe Kuning / jahe emprit: Merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe ini akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpang pada jahe kuning ini lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna daging jahe yang kuning.
  • Jahe Merah: Jahe jenis ini menyimpan kandungan minyak atsiri yang paling banyak dibanding jahe jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang pada jahe ini berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe lainnya.

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan
    Tanaman jahe yang telah dibersihkan dan dikupas tipis juga sering dikonsumsi oleh bapak-bapak dalam bentuk air seduhan untuk menghangatkan tubuh, misalnya ketika mendapat tugas ronda malam di pos kampung. Dari situ banyak industri yang meneliti lebih jauh tentang jahe agar bisa dikemas dalam bentuk produk seperti kopi jahe atau wedang jahe ber merk.
Pada akhirnya para ahli pengobatan tradisional juga ikut melakukan serangkaian riset terhadap rimpang ini sebagai tumbuhan obat karena mendengar banyaknya khasiat dibalik rasa pedas jahe bagi kesehatan. Dan terbukti akan manfaat jahe untuk menangani berbagai macam penyakit. Jahe ini di Indonesia juga sering disebut TOGA ( Tanaman Obat keluarGA ) karena mnegandung banyak khasiat yang bermanfaat dalam hal pengobatan maupun pencegahan berbagai penyakit.

11 Manfaat Jahe
11 Manfaat Jahe




Berikut ini merupakan penjelasan tentang manfaat jahe selain untuk menghangatkan tubuh:

1. Menurunkan berat badan
     Di dalam kandungan manfaat jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang mengakibatkan panas tubuh. Di lain sisi jahe ini hanya menyumbang sedikit kalori yang tidak menyebabkan penaikan pada berat badan.
2. Menjaga kondisi denyut jantung
    Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol jahat dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena serangan penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat dari jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.
3. Mengatasi serta mencegah mabuk perjalanan
    Dengan minum wedang jahe atau yang sekarang juga sudah ada produk permen jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki bus , kereta api , truk , minibus , kapal laut , pesawat terbang bagi yang belum terbiasa bepergian jauh dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.
4. Mengatasi gangguan pencernaan
    Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit bagi kaum hawa yang timbul menjelang haid dapat dihindari dengan cara minum air jahe hangat secara rutin.
5. Mengatasi morning sickness
     Untuk para ibu hamil terkadang sering mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.
6. Mencegah kanker usus
     Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).
7. Mengobati sakit kepala
     Seharian bekerja dapat memicu stres atau rasa tegang yang berlebih dapat berisiko terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang bekerja cobalah untuk santai di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe , otak akan menjadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.
8. Mengobati alergi
    Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalam jahe ini terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.
9. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin
    Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual dan ingin muntah, kondisi ini kerap terjadi pada seseorang yang mengalami gejala masuk angin. Sebagai pertolongan pertama untuk gejala tersebut jangan langsung gunakan obat yang tersedia di warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe hangat agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.
10. Mengobati penyakit rematik
     Cara mengobati penyakit rematik adalah dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, dan yang terakhir Anda oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik.
11. Menjaga dan meningkatkan sistem imunity pada tubuh
     Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antibodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal dan ditepis. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat jahe sebagai antioksidan.


11 Manfaat Jahe
11 Manfaat Jahe




    Berikut sudah saya jelaskan berbagai manfaat dari jahe yang jarang diketahui oleh kita selama ini. Saya Syahfrizal Aji selaku penulis Blog ini apabila terjadi kesalahan dalam penulisan arti ini mohon maaf dan semoga bermanfaat untuk semua pengunjung blog ini. Sekian dan terima kasih



#SYAHFRIZAL_AJI

Comments

Popular Posts