7 Manfaat Kunyit Putih

7 Manfaat Kunyit Putih


SYAHFRIZAL BLOGSPOT
7 Manfaat Kunyit Putih










MANFAAT KUNYIT PUTIH 

     Tanaman obat kunyit atau bahasa jawanya adalah kunir ini ternyata memiliki beberapa macam manfaat yang melebihi obat-obatan kimia. Jika anda hanya mengenal kunyit dengan warna kuning / orange, ternyata hal tersebut tidak begitu tepat. Karena ternyata kunyit mempunyai jenis lain yaitu kunyit putih, salah satu jenis tanaman jamu-jamuan yang mempunyai manfaat tidak kalah dengan kunyit yang berwarna kuning / orange .

    Manfaat kunyit putih lebih banyak sebagai pengobat berbagai macam penyakit tak terkecuali penyakit berbahaya seperti kanker. Dan untuk saat ini pengobatan herbal yang menggunakan bahan-bahan alami semakin banyak diminati, dan kini menjadi pengobatan alternatif dari pengobatan medis yang konvensional.

   Belakangan ini jumlah penderita penyakit kanker semakin meningkat dan menjamur. Hal ini tidak lain karena pengaruh gaya hidup yang serba modern. Secara umum kunyit putih memang mempunyai banyak khasiat. Salah satunya dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

    Kunyit putih dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa resep pengobatan yang menggunakan kunyit putih.
1. Menghentikan Pendarahan
     Manfaat kunyit putih yang pertama yaitu untuk menghentikan pendarahan untuk kaum hawa. Banyak mengkonsumsi kunyit putih dapat membuat tubuh lebih sehat dan kuat. Caranya bisa dengan masukkan irisan kunyit putih ke dalam secangkir teh yang akan anda minum.
Meskipun kunyit putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun tidak semua orang mampu menerima nutrisi yang terkandung dalam kunyit putih
2. Mengobati Kista
     Kunyit putih bermanfaat juga sebagai ramuan mengobati kista. Caranya, campurkan kunyit putih kering, temulawak putih, tapak liman kering, pegagan kering, dengan cakar ayam segar. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 1 liter air hingga tersisa setengahnya, dinginkan. Saring ramuan kemudian minum sebanyak 3 kali sehari.
3. Mencegah Kanker Payudara
     Selain kanker serviks, kanker payudara menjadi momok bagi semua kaum wanita. Untuk mengurangi resiko terjangkit kanker ini, anda dapat membuat ramuan kunyit putih.
Caranya, kunyit putih dan keladi putih dicuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 4 gelas air, biarkan mendidih dan tunggu sampai tinggal setengahnya. Saring dan dinginkan, kemudian minum dengan tambahan madu untuk pemanis alami.
4. Menambah Nafsu Makan
      Serupa dengan temulawak, kunyit putih pun dapat meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan yang buruk dapat menghambat kegiatan yang anda lakukan. Lebih banyak konsumsi air rebusan kunyit putih dengan teratur mampu meningkatkan nafsu makan anda.
5. Mengobati Gejala Asam Lambung Atau Penyakit Maag
      Penyakit maag muncul karena pola makan tidak teratur, makan makanan yang memicu asam lambung, dan pikiran berat. Konsumsi air rebusan kunyit putih mampu mengurangi resiko buruk yang ditimbulkan akibat maag.
Caranya, bersihkan kunyit putih kemudian dipotong-potong. Lalu rebus dengan 500 cc air hingga air rebusan tinggal separuhnya. Saring ramuan kemudian dinginkan. Selagi masih hangat tambahkan madu lalu minumlah. Untuk satu kali minum 50 cc, diminum 2 kali sehari.
6. Mengobati Luka Bakar
       Kandungan nutrisi dalam kunyit putih mampu memulihkan luka bakar maupun eksim. Caranya, kunyit putih yang sudah bersih diparut kemudian tambahkan asam kawak. Agar lebih hangat dan lembut tambah pula minyak kelapa. Kemudian lulurkan dalam luka bakar.
7. Obat Penyembuh Masuk Angin
       Belum banyak yang tahu jika kunyit putih mampu menyembuhkan gejala masuk angin. Padahal obat herbal ini sudah digunakan nenek moyang sejak lama.
Cara membuat ramuan penghilang masuk angin mudah saja. Bersihkan kunyit putih secukupnya kemudian parut dan peras. Air perasan ditambah air biasa lalu direbus sampai mendidih. Minum selagi masih hangat.


SYAHFRIZAL BLOGSPOT
SYAHFRIZAL BLOGSPOT












    Berikut sudah saya jelaskan berbagai manfaat dari jahe yang jarang diketahui oleh kita selama ini. Saya Syahfrizal Aji selaku penulis Blog ini apabila terjadi kesalahan dalam penulisan arti ini mohon maaf dan semoga bermanfaat untuk semua pengunjung blog ini. Sekian dan terima kasih.

^-SYAHFRIZAL AJI-^

Comments

Popular Posts